Menjadi seorang atasan atau bos memang impian banyak orang. Namun sebenarnya tidak mudah untuk berada pada posisi sebagai atasan. Banyak hal yang perlu kita lakukan sebagai seorang atasan, termasuk menjadi motivator yang baik bagi karyawan Anda.

Mengapa? Karena hal tersebut juga akan menunjang keberhasilan dari perusahaan yang Anda pimpin, apalagi jika motivasi yang Anda berikan pada karyawan mampu membuatnya semakin berprestasi. Dengan demikian, biasakan memotivasi karyawan Anda contohnya dengan melakukan 6 cara di bawah ini:

1. Mengadakan Progam Penentuan Karyawan Terbaik Setiap Tahunnya

Tidak ada salahnya Anda memberikan apresiasi pertahun bagi karyawan yang melakukan pekerjaannya dengan baik. Ini bahkan bisa lebih memotivasi karyawan dalam bekerja, ketika dihadapan karyawan lainnya Anda mengumumkan bahwa ialah karyawan terbaik pada tahun ini.

 

2. Memberikan Bonus dan Pujian Untuk Sekecil Apapun Prestasi yang Diraih Karyawan

Karyawan yang bekerja dengan baik tidak ada salahnya pula jika sering ada berikan pujian hingga bonus kepadanya. Pujian serta bonus tersebut akan membuat karyawan tersebut serta karyawan lainnya termotivasi untuk lebih baik lagi. Dengan demikian pujilah karyawan Anda sekevil apapun prestasi yang dibuatnya.

 

3. Memberikan Semua yang Menjadi Hak Karyawan

Ketika karyawan mendapatkan semua yang menjadi haknya, itu juga merupakan salah satu hal yang akan membuat karyawan termotivasi dalam bekerja, mengingat jeri payahnya dalam bekerja terbayar dengan mendapatkan hak penuh dari Anda sebagai atasannya.

 

4. Dekat dengan Setiap Karyawan Anda tanpa Membeda-bedakan

Cobalah untuk dekat dengan karyawan Anda agar memahami karakter karyawan Anda satu sama lain. Dekat dengan karyawan juga akan membuat Anda memahami ketika karyawan Anda memiliki masalah ataupun ketika dia mengalami kelelahan yang berarti. Dengan demikian Anda juga bisa menjadi motivator dari masalah yang dihadapinya. Namun pastikan Anda tidak pilih kasih atau membeda-bedakan antara satu karyawan dengan karyawan lainnya.

 

5. Rutin Membuat Liburan/Acara yang Menciptakan Kebersamaan yang Erat

Untuk lebih dekat dengan karyawan Anda tidak ada salahnya membuat acara kebersamaan secara rutin seperti liburan bersama dll. Ini juga bisa menciptakan kedekatan antar sesama karyawan.

Baca juga: Inilah cara mengatasi ngantuk saat bekerja

 

6. Berikan Contoh yang Baik Bagi Karyawan Anda dan Tanamkan Jiwa Disiplin Padanya

Setiap peraturan yang Anda buat untuk karyawan tentu saja perlu dimulai dari diri Anda sendiri. Jika Anda sebagai atasanpun mematuhi aturan dan menjadi contoh yang baik maka karyawan Anda tentu akan mengikuti kedisiplinan Anda. Dengan demikian tanamkan dan berikan contoh yang baik dimulai dari diri Anda sendiri.

Memotivasi karyawan ini merupakan cara yang bisa dilakukan untuk membuat karyawan semangat dalam bekerja, sehingga Anda bisa melakukan kerjasama yang baik dengan karyawan Anda, hingga mampu mencapai target secara bersama pula.